kanker payudara

October 3, 2011 by
Filed under: penyakit 

Waspada kanker payudara sejak dini

kanker payudara cewek dan gedeKanker payudara adalah kanker pada jaringan payudara. Kanker itu sendiri adalah suatu kondisi dimana sel mengalami pertumbuhan tidak normal dan tidak terkontrol sehingga membentuk benjolan yang disebut tumor yang bersifat ganas atau kanker. Tidak semua tumor bersifat kanker.  Tumor yang bersifat kanker disebut tumor ganas, sedangkan yang bukan kanker disebut tumor jinakJadi kanker payudara adalah nama lain dari tumor ganas yang terdapat pada jaringan payudara. Sementra itu ada tumor jinak payudara yang di sebut FAM (Fibroadenomamammae).

 

Gejala kanker payudara
Gejala awal berupa benjolan pada payudara yang mula-mula kecil dan tidak nyeri, biasanya makin lama makin besar dengan cepat yang menimbulkan rasa nyeri, benjolan melekat erat pada kulit (berakar ke dalam payudara dan sulit di gerakkan, jika benjolan digerakkan maka jaringan di sekitar benjolan akal ikut tertarik)

Puting susu menjadi tertarik ke dalam (retraksi), kemudian terjadi perubahan pada kulit  payudara seperti kulit jeruk (peau d’orange), mengkerut, atau timbul borok (ulkus) pada payudara. Borok itu makin lama makin besar sehingga mudah berdarah dan berbau busuk.

Pembesaran kelenjar getah bening di ketiak, bengkak (edema) pada lengan, dan penyebaran sel kanker payudara ke seluruh tubuh (metastasis). Jika sel kanker payudara pindah ke paru maka dapat menyebabkan kanker paru, jika sel kanker payudara pindah ke hati maka dapat menyebabkan kanker hati, begitu pula jika pindah ke jaringan atau organ lain.

Payudara yang terkena kanker biasanya membesar sehingga jika dibandingkan dengan payudara yang sehat terjadi perbedaan besar yang sangat mencolok. Normalnya payudara kiri dan kanan tidak sama besar namun perbedaannya tidak begitu mencolok.

Penyebab kanker payudara
Penyebab dari kanker payudara belum diketahui secara pasti, namun terdapat beberapa faktor resiko dimana jika seseorang memiliki satu atau beberapa faktor resiko tersebut maka wanita tersebut harus hati – hati dan waspada.

Faktor resiko kanker payudara
Umur : semakin bertambahnya umur maka resiko terkena kanker payudara semakin besar, penderita terbanyak berumur 40 -  55 tahun.

  1. Ada riwayat keluarga yang pernah menderita kanker ( faktor genetik)
  2. Obesitas setelah menopause
  3. Pemakaian pil kb atau terapi sulih estrogen
  4. Menarke (haid pertama) di bawah 12 tahun, menopause yang lambat, tidak menyusui, riwayat operasi payudara, belum pernah hamil, kehamilan pertama setelah umur 30 tahun
  5. Bahan Kimia : bahan kimia berupa formalin, zar pewarna sintetis, pestisida dan zat – zat kimia lainny yang bercampur dalam makanan dapat menyebabkan kanker.

Terapi (pengobatan) kanker payudara
Terapi kanker payudara haruslah bersifat holistik yang artinya meliputi seluruh aspek meliputi diet dan gizi, pola hidup sehat, psikologi, terapi medis dan terapi herbal/suplemen. Terapi harus mencakup semua aspek dan tidak boleh dipisah – pisahkan. Terapi meliputi baberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :

  1. Terapi diet : pasien harus makan makanan yang bergizi meliputi 4 sehat 5 sempurna, hal ini penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga sel darah putih pasien dapat membunuh sel kanker atau menghambat laju perkembangan sel kanker. Patut di catat bahwa penyebab awal dari kanker adalah daya tahan tubuh menurun sehingga sel darah putih tidak mampu membunuh sel kanker pada saat kanker tersebut belum bergejala. Di dalam setiap tubuh kita yang sehat sebenarnya sudah ada sel – sel yang mengalami mutasi (sel inilah yang kelak menjadi sel kanker) tiap hari dalam jumlah kecil  namun sel darah putih kita masih mampu membunuhnya.
  2. Terapi Pola Hidup Sehat : makan, olahraga dan tidur teratur, jauhi stress karena stess dapat menyebabkan gangguan keseimbangan hormonal dan menekan daya tahan tubuh.
  3. Terapi psikologi (kejiwaan) : Selalu berpikir positif (positif thinking) kepada allah swt, bahwa setiap penyakit yang diturunkan oleh Allah swt ada obatnya, penKanker Payudara | Kanker Ganas | Tumor Ganas Payudarayakit adalah salah satu cara allah swt menguji kesabaran hamba – hamba-Nya, salah satu cara untuk menghapus dosa – dosa dan merupakan teguran bagi hamba – hambanya agar lebih dekat dan rajin beribadah kepada Allah. Banyak kisah – kisah teladan dimana seseorang yang telah di vonis penyakit yang tak dapat di sembuhkan namun sembuh setelah orang tersebut banyak beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah. Inilah inti dari pengobatan yaitu menyerahkan diri kepada Allah swt sambil terus berikhtiar berobat.
  4. Terapi medis : dapat berupa pembedahan (operasi), kemoterapy (pemberian obat kanker), radioterapi (penyinaran).
  5. Terapi herbal/suplemen : Spirulina dan Golg-G Cucumber Sea

Pencegahan kanker payudara : lakukan Sadari (pemeriksaan payudara sendiri)  minimal 1 bulan sekali, hindari faktor resiko berupa stress, pola makan dan hidup yang sehat, sering makan buah – buahan dan sayuran. Jika di curigai ada gejala – gejala kanker/tumor maka bersegeralah konsultasikan kepada dokter jika perlu mintalah pemeriksaan USG atau mammografi kepada dokter yang bersangkutan sebelum kanker tersebut masuk ke stadium lanjut.

Tulisan berhubungan dengan : tumor jinak payudara (fam), nyeri pada payudara (mastalgia), radang payudara (mastitis), cara melakukan SADARI, asam urat

Incoming search terms:

  • tumor ganas payudara
  • tumor payudara ganas
  • kanker payudara ganas
  • perbedaan tumor dan kanker payudara
  • susu cewek
  • perbedaan kanker dan tumor payudara
  • perbedaan tumor payudara dan kanker payudara
  • susu gede
  • kanker ganas payudara
  • perbedaan kanker payudara dan tumor payudara

Related posts:

  1. artikel tumor payudara

Comments

Tell me what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!